Berita

    Simak Fungsi Oil Cooler & Cara Kerjanya

    Oil cooler atau pendingin oli merupakan komponen mesin yang fungsinya hampir serupa seperti radiator yakni sebagai pendingin. Tapi keduanya jelas memiliki cara kerja yang berbeda karena pendingin oli bertugas untuk mendinginkan pelumas mesin. 

    Sementara radiator mendinginkan bagian mesin dengan menggunakan air, proses sistem kerjanya pun berbeda dengan pendingin oli. Namun, keduanya sama-sama penting sehingga harus dijaga dan dirawat dengan baik agar dapat berfungsi secara maksimal.  

    Berbagai Fungsi Oil Cooler untuk Kinerja Mesin

    Pendingin oli umumnya digunakan pada kendaraan bermotor, termasuk mobil dan sepeda motor. Fungsi pendingin oli secara garis besar adalah untuk menurunkan suhu oli pada sebuah mesin supaya oli tersebut bisa bekerja kembali secara maksimal.

    Oli yang memiliki suhu tinggi dapat menurunkan performa mesin, sehingga dibutuhkan pendingin oli untuk mengatasi hal tersebut. Mengapa oli perlu diturunkan suhunya? Karena oli tidak hanya sekedar pelumas tapi juga berfungsi mendinginkan mesin dengan menyerap panasnya.

    Supaya Anda lebih paham tentang fungsi oil cooler sebaiknya simak penjelasan berikut ini. 

            1. Fungsi Pendingin Oli untuk Sistem Pelumasan

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dalam sistem pelumasan pendingin oli berguna untuk mendinginkan suhu oli mesin. Supaya oli tersebut dapat bekerja kembali melumasi mesin dengan suhu normal.

    Fungsi pendingin oli dalam sistem pelumasan biasanya banyak ditemui pada kendaraan bermotor. Mesin kendaraan bermotor membutuhkan oli sebagai pelumas dan penyerap suhu panas pada mesin. 

    Hal tersebut membuat suhu oli menjadi lebih tinggi setelah melumasi mesin jika tidak diinginkan performa mesin dapat menurun. 

    Ini karena oli bersuhu tinggi lebih encer dibandingkan oli bersuhu normal, sehingga dibutuhkan oil cooler untuk menjaga fungsi oli mesin agar tetap optimal.

    Jika pendingin oli rusak, maka kemungkinan besar akan terjadi overheat pada mesin kendaraan. Itulah sebabnya Anda harus merawat dan menjaga kondisinya agar tetap optimal dan dapat berfungsi dengan baik. 

            2. Fungsi Pendingin Oli untuk Sistem Hidrolik

    Pendingin oli tidak hanya digunakan untuk sistem pelumasan pada kendaraan bermotor tapi juga digunakan pada mesin dengan sistem hidrolik. Sistem hidrolik yang menggunakan pendingin oli umumnya adalah jenis alat-alat berat dan mesin produksi.