Berita

    Pentingnya Memahami Kapasitas Muatan Mobil

    Ketika akan bepergian, terlebih untuk perjalanan jauh, mungkin saja Anda perlu membawa banyak barang di dalam mobil. Namun, pastikan bahwa Anda tidak melebihi batas maksimal dari muatan mobil.

    Sebenarnya, bagaimana cara untuk menghitung kapasitas maksimal tersebut? Lalu, mengapa hal ini menjadi penting untuk diperhatikan? Simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel ini dan pastikan Anda memahami tentang kapasitas muatan kendaraan mobil.

    Cara Menghitung Kapasitas Muatan Mobil

    Sebagian orang mungkin masih kurang peduli terhadap kapasitas maksimal dari mobil mereka. Bisa jadi, ketika masih ada ruang kosong di mobil, maka seakan hal tersebut harus dimanfaatkan dengan diisi lebih banyak barang lagi.

    Padahal, bisa jadi barang yang diletakkan di sana sudah melebihi batas kapasitas mobil. Kebiasaan ini dapat menyebabkan munculnya berbagai dampak buruk bagi kendaraan Anda.

    Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui batas kapasitas muatan tersebut? Sebenarnya, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melihat buku manual dari mobil tersebut.

    cara mengatur bagasi mobil

    Freepik.com

    Di sana, biasanya tertulis berat maksimal kendaraan dan berat kosong kendaraan. Anda hanya tinggal mengurangi angka tersebut, berat maksimal dikurangi dengan berat kosong. Lalu, Anda dapat mengetahui seberat apa daya angkut yang bisa dibawa oleh mobil tersebut.

    Namun, perlu diketahui bahwa itu merupakan batas untuk seluruh muatan, termasuk pengendara dan penumpang mobil.

    Setiap jenis mobil, bisa jadi memiliki batas muatan yang berbeda. Maka dari itu, penting untuk melihat keterangannya langsung dari buku manual masing-masing, jangan sampai salah dan justru menigukti batas dari jenis mobil lainnya.

    Dampak Negatif Muatan Mobil Berlebih

    Sebelumnya, telah dijelaskan tentang batas muatan dan cara untuk menghitungnya. Setelah mengetahui hal tersebut, pastikan bahwa Anda tidak melebihi batas tersebut.

    Hal ini menjadi penting karena jika batas muatan dilanggar, maka bisa menyebabkan berbagai dampak negatif, misalnya sebagai berikut:

    • Bahan Bakar menjadi Boros

    Pertama, kendaraan yang terlalu berat dapat membuat bahan bakar yang diperlukan menjadi semakin boros. Hal ini disebabkan karena beban kerja dari mesin mobil pun semakin berat, sehingga dibutuhkan kinerja ekstra dari berbagai komponen.

    • Muncul Risiko Ditilang Polisi

    Perlu diketahui bahwa setiap kendaraan memiliki batas muatannya dan hal ini juga diawasi oleh peraturan yang berlaku. Maka dari itu, jika muatan atau kapasitas mobil Anda berlebihan, akan berisiko untuk ditilang pihak berwajib.

    • Kenyamanan Berkurang

    Dampak lainnya dari muatan kendaraan berlebihan yaitu dapat mengurangi tingkat kenyamanan penumpang atau bahkan pengendara.

    Jika Anda memaksa untuk memasukkan berbagai jenis barang, terlebih jika bukan pada tempatnya, maka tentu saja hal tersebut dapat mengganggu bagi para penumpang.

    Hal ini akan lebih terasa jika mobil sudah diisi oleh kapasitas maksimal penumpang, lalu masih ditambah dengan barang yang berlebih.

    • Menyebabkan Kerusakan pada Berbagai Komponen

    Berbagai dampak yang dijelaskan sebelumnya, bisa dibilang merupakan dampak yang akan dirasakan dalam jangka waktu pendek.

    Selanjutnya, untuk jangka panjang, ada pula dampak negatif yang perlu Anda waspadai, yaitu dapat merusak berbagai jenis komponen mobil.

    Komponen yang terbilang rawan mengalami kerusakan karena hal ini yaitu bagian ban, velg, dan berbagai bagian kaki mobil lainnya.

    Jika komponen tersebut sudah berkurang kinerjanya, makan bisa berdampak terhadap kualitas dari perjalanan Anda. Maka dari itu, sebaiknya jangan coba-coba untuk membawa muatan melebihi batas.

    Pada dasarnya, setiap jenis kendaraan memiliki batas maksimal muatannya masing-masing, tergantung dari jenis kendaraannya. Jika Anda memiliki kendaraan, misalnya mobil, maka hal ini penting untuk menjadi perhatian.

    Sebelumnya, telah dijelaskan bagaimana cara menghitung batas maksimal dari muatan kendaraan mobil. Lalu, dijabarkan juga berbagai dampak negatif yang bisa ditimbulkan jika melebihi batas muatan tersebut.