Berita

    Simak Tips Cara Klaim Asuransi yang Mudah untuk All Risk

    Banyak terjadi kecelakaan di jalan raya yang melibatkan mobil. Maka, pastikan jika mobil Anda sudah memiliki asuransi all risk sebagai jaminan yang akan membantu perbaikan dan penanganan setelah kecelakaan. 

    Buat yang belum memiliki, Anda bisa mencari tahu dul tentang asuransi pada mobil, seperti all risk ini. 

    Ketahui Dulu Apa itu Asuransi All Risk

    Asuransi mobil pada dasarnya ada dua yaitu all risk dan Total Loss Only (TLO). Seperti namanya, TLO hanya akan mengganti rugi sejumlah kerusakan tertentu yang sudah disepakati di awal pembelian premi. 

    Sedangkan All risk akan memberikan kompensasi semua kerusakan yang terjadi pada mobil, selain hal-hal yang disengaja. Asuransi ini juga masih berlaku ketika kendaraan mengalami kerusakan karena bencana, kecelakaan, atau adanya huru-hara tertentu. 

    Maka, tidak heran bila premi untuk all risk akan jauh lebih besar daripada tipe TLO. Sebab, manfaat dan keuntungan yang akan dirasakan pun jauh lebih besar. Berikut merupakan manfaat asuransi all risk

    • Dapat mengganti kerugian yang diakibatkan kebakaran. 
    • Mengkompensasi kerusakan yang disebabkan pencurian, terperosok, tergelincir, terbalik, benturan, tabrakan, hingga perbuatan jahat karena orang lain.

    Tips Cara Klaim Asuransi All Risk dengan Mudah

    Untuk tata cara klaim asuransi tipe all risk, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

    • Dokumentasikan Kerusakan yang Terjadi pada Kendaraan

    Sebelum mengajukan klaim asuransi all risk, pastikan Anda sudah mendokumentasikan kerusakan yang terjadi pada mobil. Dokumentasi bisa berupa foto atau video yang diambil setelah terjadinya kecelakaan atau insiden tertentu. 

    Selanjutnya, Anda dapat melaporkan ke agen asuransi dengan menceritakan detail kejadian serta melampirkan bukti yang sudah diambil. Jangan lupa juga sertakan dokumen pendukung lain seperti: 

    • Fotokopi SIM
    • Fotokopi STNK
    • Fotokopi buku polis
    • Surat keterangan kepolisian jika kerugian akibat kecelakaan atau pencurian.

    Dari agen tersebut, nantinya Anda akan memperoleh rekomendasi bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan. 

    • Jelaskan Kejadian Secara Detail dan Jelas

    Agar agen asuransi mengerti kondisi Anda, maka jelaskan semua rentetan kejadiannya secara detail dan jelas. Anda juga bisa meminta bantuan rekan atau orang-orang yang berada di lokasi kejadian untuk menjadi saksi. 

    • Isi Form untuk Klaim Asuransi