Berita

    Perhatikan Cara Merawat Jok Kulit Mobil agar Awet dan Nyaman

    Kursi kulit adalah ceri di atas sundae mobil mewah. Namun, tanpa perawatan yang tepat, mereka bisa benar-benar kotor. Karena kulit adalah bahan alami, jok kulit pun dapat memudar dan retak karena panas dan sinar UV. Mempraktikkan cara merawat jok kulit mobil secara rutin akan memperpanjang umurnya dan membuat mobil tampak seperti baru. 

    Ingin tahu lebih lanjut cara perawatan yang tepat? Mari simak ulasannya. 

            1. Vakum bagian jok mobil

    Mulailah dengan menyedot debu dan remahan makanan atau kotoran yang terjatuh di atas jok kulit. Sewaktu membersihkan, cobalah untuk tidak melepas pelapis kulitnya. 

    Anda hanya perlu menggosok bagian permukaan jok memakai vakum secara perlahan dan merata. 

    Gunakan penyedot yang kecil dan lembut agar bisa membersihkan hingga bagian bawah jok dan sela-sela sudut yang berjarak kecil, khusus di jok bagian tengah atau belakang. 

            2. Gunakan pembersih khusus untuk kulit

    Banyak anggota keluarga atau penumpang yang menaiki mobil, pasti akan meninggalkan banyak kotoran atau noda di atas jok kulit kesayangan. 

    Untuk perawatan jok kulit mobil, Anda bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih kulit ke permukaan jok. Kemudian, gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan noda membandel yang masih tertinggal dengan lembut. 

    Kotoran yang paling umum di atas jok ialah rambut atau kulit mati dari para penumpang. Bersihkan secara perlahan dengan sikat atau kain lembut. 

            3. Pakai lap kering untuk menghapus kelembaban air yang masih tersisa

    Untuk menjaga agar jok kulit tetap kering dan terjaga kelembabannya, gunakan handuk microfiber yang bersih dan kering untuk menghilangkan kelembaban berlebih yang tertinggal di jok kulit. Kursi akan tetap lembab saat disentuh kecuali jika telah dilapisi. 

    Kemudian, biarkan jok kulit mobil kering dengan sendirinya. Diamkan kurang lebih 1-24 jam. 

            4. Gunakan kondisioner khusus untuk kulit

    Cara merawat jok kulit mobil selanjutnya ialah mengoleskan kondisioner kulit pilihan dengan murah hati dan merata. 

    Hindari membiarkannya terkumpul di satu area untuk memastikan Anda memiliki cakupan yang merata. 

    Kondisioner yang baik akan menjaga jok mobil yang terbuat dari kulit tetap lembab dan mencegah keretakan, serta memberikan perlindungan dari sinar UV untuk mempertahankan warnanya. Kemudian, diamkan selama 4-6 jam agar jok menyerap kondisioner.