Berita

    Ketahui Fungsi & Cara Kerja Pada Relay Mobil.

    Salah satu kewajiban yang dimiliki oleh pemilik mobil adalah memahami sejumlah komponen krusial yang dimiliki kendaraan. Contohnya saja seperti fungsi relay. Dengan mengetahui bentuk serta fungsi dari komponen tersebut, pemilik akan melakukan perawatan secara maksimal. 

    Lantas, seperti apa fungsi yang dimilikinya? berikut penjelasannya!

    Fungsi Relay Mobil

    Relay merupakan sebuah komponen kelistrikan mobil dan terdiri dari elektromagnetik serta bagian kumparan. Komponen ini sebenarnya memiliki fungsi sebagai sebuah pengendali listrik serta mengalirkan listrik. 

    Inilah alasan mengapa mobil yang Anda miliki harus menggunakan relay. Berikut sejumlah fungsi yang dimiliki relay, antara lain:

            1. Memperpanjang Umur Saklar

    Fungsi relay yang pertama adalah dapat memperpanjang usia saklar. Agar relay ini nantinya bisa bekerja secara optimal, komponen ini memerlukan arus listrik yang besar. 

    Aliran ini nantinya akan dialirkan ke komponen seperti kompresor AC, mobil, dan yang lainnya dari saklar. Saklar sendiri mempunyai fungsi sebagai pembangkit aliran listrik, sehingga terpasangnya relay di mobil bisa membuat saklar tidak meleleh. 

            2. Mengurangi Hambatan

    Fungsi lain yang dimiliki relay adalah mengurangi hambatan. Dengan adanya hambatan pada mobil akan mempengaruhi sejumlah kinerja komponen elektromagnetik mobil contohnya seperti lampu mobil menjadi kurang terang, klakson kurang nyaring dan lainnya. 

    Dengan adanya relay, hambatan bisa berkurang dan arus listrik akan mengalir secara maksimal di bagian klakson, lampu, serta sejumlah komponen elektromagnetik yang lain. 

            3. Penguncian Mobil

    Relay juga memiliki fungsi sebagai pengunci aktivitas yang erat kaitannya dengan elektromagnetik.

            4. Menjadi Saklar Switch

    Kumparan yang dimiliki relay dan sudah dialiri arus listrik bisa menghasilkan gaya magnet dan memiliki fungsi sebagai penarik bagian poin. Bila hal ini terjadi, bagian terminal 87 serta 30 nantinya akan mudah terhubung. 

            5. Bunyi Klakson Jauh Lebih Nyaring

    Menggunakan relay juga bisa menambah arus listrik mobil menjadi semakin kuat sehingga mobil bisa lebih terang ketika menyala, dan akhirnya klakson akan lebih nyaring. 

            6. Menghindari Kerusakan dan Keausan Komponen yang Lain