Berita

    Mengenal Komponen dan Fungsi Kepala Silinder Pada Mobil

    Ketika mobil Anda mengalami masalah, salah satu bagian mesin yang harus diperiksa adalah kepala silinder atau cylinder head beserta dengan komponen-komponennya. 

    Dengan memahami setiap bagian mesin akan membuat Anda mengerti apa yang harus dilakukan ketika terjadi kendala pada mobil. Minimal, Anda bisa melakukan tindakan darurat sebelum membawanya ke bengkel resmi terdekat. 

    Kondisi mesin yang terawat tentunya membuat performa mobil semakin prima. Salah satu caranya adalah dengan menjaga fungsi kepala silinder mobil dan komponen-komponennya tetap prima. Berikut ulasannya. 

    Fungsi Cylinder Head

    Sesuai dengan namanya, posisinya berada di dalam blok silinder yang diikat dengan baut. Beberapa fungsi yang ada pada cylinder head diantaranya adalah sebagai berikut: 

    • Tempat Pemasangan Busi (Spark Plug)

    Busi merupakan salah satu komponen pada cylinder head yang berguna sebagai pemantik api agar terjadi proses pembakaran di dalam ruang bakar. 

    • Tempat Pembakaran Mesin

    Fungsi yang kedua adalah sebagai ruang pembakaran mesin untuk mengkombinasikan udara dan bahan bakar agar mesin mobil bisa bekerja dengan baik. Bentuknya sangat bervariasi karena disesuaikan dengan karakteristik mesin. 

    Ada yang bentuknya segitiga siku-siku (wedge), segitiga sama kaki (pentroof), dan parabola (hemispheric). Perbedaan tersebut berfungsi agar proses pembakaran yang terjadi dan tenaga yang dihasilkan bisa lebih maksimal. 

    • Tempat Air Pendingin Bersirkulasi

    Fungsi kepala silinder yang ketiga adalah sebagai tempat air pendingin bersirkulasi yang melewati water jacket. 

    Suhu mesin yang naik akibat proses pembakaran yang terjadi akan menjadi stabil (tidak overheat)pada saat ada air pendingin dengan water jacket.

    • Tempat Oli Pelumas

    Fungsi yang keempat adalah sebagai wadah oli pelumas yang bertugas untuk mengalirkan oli agar setiap komponen katup yang ada di kepala silinder bisa terlumasi dengan baik serta mencegah terjadinya aus. 

    • Saluran Intake dan Exhaust

    Fungsi yang kelima adalah menjadi saluran atau tempat intake dan exhaust. Saluran intake memiliki fungsi sebagai pintu masuk udara ke dalam ruang bakar sedangkan exhaust merupakan kanal pembuangan asap hasil sisa pembakaran.