Berita

    Kenali Aturan Menyalip Kendaraan

    Aturan menyalip kendaraan di jalanan masih kurang diperhatikan oleh para pengendara. Padahal kegiatan salip-menyalip kendaraan di jalanan merupakan sebuah hal yang sering dilakukan oleh para pengendara.

    Saat berkendara, kita tidak boleh hanya memikirkan keselamatan diri kita sendiri, tetapi juga keselamatan orang lain. Karena itu, mari kita kenali aturan dalam menyalip kendaraan yang benar demi menjaga keselamatan bersama. Berikut informasi selengkapnya.

    Aturan Menyalip Kendaraan

    Salah satu aktivitas yang paling sering terjadi di jalanan ialah menyalip. Ternyata, aktivitas ini sudah diatur dalam UU no. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Agar lebih jelas, informasinya akan kami sampaikan dalam beberapa poin di bawah ini.

            1. Ambil Jalur Kanan

    Aturan pertama yang harus diperhatikan pada saat akan menyalip kendaraan adalah menyalip dari lajur kanan. Hal ini telah tercantum jelas dalam pasal 109 ayat (1). 

    Dalam pasal tersebut dikatakan bahwa kendaraan bermotor yang yang akan menyalip kendaraan lain harus menggunakan lajur kanan dari kendaraan yang akan dilewatinya. Selain itu, mempunyai jarak pandang bebas, dan tersedia ruang yang cukup. 

            2. Boleh Melewati Jalur Kiri dalam Kondisi Tertentu

    Aturan menyalip kendaraan berikutnya yaitu, pengendara diperbolehkan melewati jalur kiri saat menyalip dengan kondisi tertentu. Hal ini tercantum jelas dalam ayat (2).

    Di sana tercantum bahwa dalam keadaan tertentu, pengemudi boleh mengambil jalur kiri. Namun, harus tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan lalu lintas dan angkutan jalan. Karena itu, berhati-hatilah saat menyalip menggunakan jalur ini.

            3. Jangan Menyalip Jika Kendaraan di Depan Sudah Memberi Isyarat

    Aturan yang satu ini tercantum pada ayat berikutnya, yaitu ayat (3) pasal 109. Di sana disebutkan bahwa apabila kendaraan yang akan disalip memberikan tanda akan menggunakan jalur sebelah kanan, maka pengemudi tidak boleh menyalip kendaraan tersebut.

    Biasanya hal ini terjadi saat kendaraan akan menyebrang ke jalur kanan. Kendaraan tersebut akan memberi isyarat bahwa ia akan menyebrang ke jalur kanan. Dalam kondisi ini, pengendara lain tidak boleh menyalip lewat jalur kanan karena bisa terjadi tabrakan.

            4. Berikan Ruang yang Cukup untuk Kendaraan dari Arus yang Berlawanan