Berita

    Kenali Fungsi dari Valve Spring Compressor

    Valve spring compressor merupakan salah satu alat khusus untuk keperluan service kendaraan yang memiliki fungsi sangat istimewa. Alat ini mempunyai peranan penting dalam dunia otomotif dan tidak boleh digunakan sembarangan. 

    Sebelum Anda menggunakan alat ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu fungsi dan cara menggunakannya dengan benar. Mari simak informasi tersebut dalam uraian di bawah ini.

    Fungsi Valve spring compressor

    Mungkin, Anda belum tahu apa sebenarnya fungsi utama dari valve compressor. Pada dasarnya, fungsi utama dari alat ini yaitu untuk menekan pegas agar bisa memudahkan proses pemasangan dan pelepasan cotter pin

    Pasalnya, sangat sulit menekan pegas yang terdapat pada katup dengan alat lain yang memiliki fungsi tersendiri. Posisi katup dan cotter pin bisa dikatakan cukup sulit untuk dieksekusi sehingga Anda membutuhkan alat ini untuk memposisikannya.

    Dengan menggunakan valve spring compressor, Anda bisa melakukan pekerjaan dengan lebih mudah tanpa khawatir akan merusak komponen lain yang berdekatan dengan cotter spring

    Adapun jumlah cotter pin yang harus dipasang atau dilepas menggunakan alat ini yaitu dua buah yang terbagi pada masing-masing katup. Di samping itu, alat ini tidak dapat digunakan untuk fungsi lain karena dirancang khusus sebagai alat dengan fungsi tunggal.

    Cara Menggunakan Spring Compressor yang Benar

    Setelah mengetahui fungsinya secara umum, sebaiknya Anda juga mengetahui cara menggunakan spring compressor yang benar. 

    • Mengatur Posisi Batang Tangkai 

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan alat ini yaitu memposisikan batang tangkai terlebih dahulu hingga posisinya tepat untuk cotter pin

    Pastikan bagian tangkai sudah fix dan diam agar valve bisa tertahan dan tidak terjadi pergeseran pada saat pegas ditekan. Jika melakukan kesalahan pada langkah ini, Anda bisa mengalami kesulitan pada saat melepas cotter pin.

    Pasalnya, posisi batang tungkai yang kurang tepat bisa membuat alat tersebut menjadi mudah bergeser sehingga proses pemasangan atau pelepasan cotter pin akan memakan waktu yang lebih lama.

    • Mengatur Bagian Tangkai

    Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan ialah mengatur bagian tangkai. Tujuannya yaitu agar nantinya lebih mudah digerakan sesuai dengan kebutuhan. Atur posisi bagian tangkai dengan nyaman supaya Anda juga bisa menggerakannya dengan lebih nyaman.