Berita

    Kenali Bahaya Aquaplaning pada Mobil & Cara Mengatasinya

    Pernah dengar tentang aquaplaning? Ini ternyata menjadi salah satu kondisi berbahaya yang harus diwaspadai oleh para pengemudi mobil. Mari cari tahu lebih jauh tentang kondisi tersebut di sini. 

    Pengertian Aquaplaning

    Ini merupakan sebuah kondisi dimana ban mobil akan kehilangan penapakan. Penapakan ini biasa juga disebut sebagai traksi di atas permukaan jalan ketika mobil melintas di atas genangan air. 

    Setelah turun hujan, permukaan jalan biasanya akan tergenang air. Genangan air ini ternyata bisa menyebabkan kondisi bahaya pada mobil. Parahnya lagi, tidak butuh genangan air tinggi untuk menyebabkan kondisi bahaya tersebut. 

    Aquaplaning bahkan bisa terjadi ketika genangan air cukup rendah. Asalkan ada lapisan yang memisahkan jalan dengan ban sehingga mobil akan kehilangan kontak sesaat. 

    Pada prinsipnya, permukaan ban mobil akan menempel atau menapak di permukaan jalan. Hal ini terjadi karena adanya bobot pada mobil. Namun hal yang berbeda akan terjadi ketika ban mobil melaju di atas genangan air dan ada celah di antaranya. 

    Kolong ban mobil yang dialiri oleh angin sesaat tadi akan menyebabkan daya angkat. Daya angkat ini akan semakin besar seiring dengan meningkatnya kecepatan mobil. 

    Kejadian tersebut kemudian bisa menyebabkan mobil terangkat. Tidak sampai terbang memang namun cukup untuk membuat ban mobil jadi sulit menapak ke bagian jalan. Jadi pengendara akan merasakan mobilnya melayang. 

    Kemungkinan ini bisa jadi lebih besar pada jenis mobil MPV dan SUV. Nantinya mobil bisa terguling dan akhirnya berakibat fatal bagi pengendara. 

    Sebenarnya kondisi ini bisa dicegah dengan teknik mengemudi khusus. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tergelincirnya mobil karena genangan air:

            1. Arahkan Stir Lurus

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan stir lurus. Sebaiknya Anda langsung sigap memegang stir secara lurus. Ini akan menjadi salah satu posisi yang paling efektif untuk mengendalikan kendaraan. 

    Jika posisi setir lurus maka Anda bisa lebih mudah mengarahkan mobil saat melewati genangan air. Inilah yang menyebabkan kondisi tadi bisa dicegah secara optimal. 

            2. Rem Perlahan

    Saat melewati genangan air, Anda juga bisa melakukan pengereman secara perlahan. Sebenarnya mobil yang melintas di atas genangan air memang harus direm secara perlahan-lahan.