Berita

    Simak Cara Merawat Mesin Hybrid.

    Tahukah Anda bahwa kendaraan yang menggunakan mesin hybrid memiliki dua sumber bakar yaitu listrik dan minyak? Kondisi ini menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat tentang cara merawat mobil hybrid tersebut, mulai dari teknik perawatan hingga biayanya. 

    Memang, ada cara khusus yang diperlukan dalam merawat mobil jenis ini. Meskipun demikian, ada beberapa pengecekan yang bisa dilakukan sendiri seperti halnya pada mobil konvensional. Penasaran bagaimana cara merawat mobil hybrid? Berikut ulasannya.  

    Begini Cara Merawat Mesin Hybrid yang Tepat

    Mobil listrik atau mobil hybrid telah banyak bermunculan di Indonesia, walau tidak sebanyak mobil konvensional. Teknologinya memang masih tergolong baru sehingga butuh perlakuan yang khusus pula dalam merawatnya. Berikut cara yang tepat dalam merawat mobil hybrid.

            1. Membersihkan Filter Kipas Baterai

    Cara pertama dalam merawat mesin mobil hybrid adalah membersihkan filter kipas untuk baterai secara rutin, minimal setiap 6 bulan sekali atau setiap 10 ribu km. Filter kipas ini ada di dekat baterai yang lokasinya berada di bawah jok. 

    Anda hanya perlu mengeluarkannya dari bawah jok dan membersihkan kipas baterai tersebut. Apabila terlihat sangat kotor, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru. 

    Selain filter kipas pada baterai, Anda juga perlu merawat bagian selang pipa pendingin baterai hybrid secara berkala. 

            2. Jangan Cuci Bagian Mesin

    Jika ruang mesin mobil konvensional bisa tetap aman dicuci sendiri, berbeda dengan perawatan mesin hybrid. Anda tidak bisa memilih sembarang tempat atau mencucinya sendiri karena dikhawatirkan akan berdampak pada komponen kelistrikannya. 

    Jika ingin membersihkan bagian ruang mesin sendiri, Anda bisa mengelap bagian ini menggunakan kanebo lembab yang telah diberi air lalu usapkan secara perlahan ke bagian yang kotor. 

            3. Rutin Mengecek Kondisi Baterai

    Baterai mobil hybrid memiliki usia pakai lebih dari 10 tahun, berlaku bila rutin melakukan perawatan terhadap kondisi baterai. Sebab, jika mobil terus dipakai tanpa ada perawatan rutin, maka masa pakai baterai bisa kurang dari 10 tahun. 

    Untuk saat ini, kisaran harga baterai mobil hybrid antara Rp20-Rp60 jutaan, tentunya tergantung dari tipe mobil listrik yang Anda miliki.